Posted on

Peran Wedding Organization Dalam Mewujudkan Pernikahan Impian

Wedding planners tend to be on the artistic side, gifted with the vision to be able to expertly pull together a range of ideas into a visually stunning end result.

WO

Minggu lalu tanggan 21 Januari 2018, saya menghadiri pernikahan ex teman kerja di Gedung Aneka Bhakti Departemen Sosial, Bekasi. Sejak awal melangkahkan kaki di gedung tersebut, tamu undangan sudah disuguhi pernak-pernik berbau Minang. Ya memang pernikahan mereka menggunakan adat Padang.

Ciri khas dekorasi Minang memenuhi ruangan resepsi pernikahan yang didominasi dengan warna merah dan emas. Begitu pula dengan pelaminan yang terpasang menunjukkan miniatur rumah adat Minang yaitu Rumah Gadang. Belum lagi riasan pengantin yang cantik menggunakan pakaian adat Minang ditambah dengan suntiang di kepala. Walaupun tampak berat, namun mempelai tetap tersenyum pada tamu undangan.

Pengantin dan keluarga bisa bernafas lega dan bersyukur karena semua prosesi dapat dilalui dengan lancar. Menurut cerita dari Vanny, mereka menggunakan jasa Wedding Organization (WO) dalam menyiapkan sehingga terlaksana semua acara dengan lancar.

Wedding Organization atau wedding planner adalah jasa profesional yang bisa membantu calon pengantindalam perencanaan dan pengelolaan pernikahan sejak awal hingga selesai.

Kalau dulu semua hal yang berhubungan dengan pernikahan diurus sendiri oleh calon pengantin dan keluarga. Namun, hal tersebut cukup melelahkan dan merepotkan, apalagi jika semua anggota keluarga mempunyai kesibukan masing-masing. Dengan waktu yang terbatas tentunya tidak dapat menangani semua dengan sempurna. Dengan hadirnya WO, hal ini bisa diminimalkan bahkan calon pengantin dan keluarga bisa lebih santai serta bebas dari stress.

Banyak WO menawarkan paket menarik dengan harga yang beragam. Sebaiknya tidak asal memilih WO, calon pengantin harus bertemu langsung terlebih dahulu untuk membicarakan konsep pernikahan impian apa yang diinginkan yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Biasanya WO mempunyai vendor-vendor yang berhubungan dengan pernikahan seperti gedung, pakaian, katering dan lain-lain. Nah, enaknya menggunakan jasa WO adalah mereka bisa menyesuaikan dan mewujudkan konsep yang kamu inginkan. Jika budget yang dimiliki tidak sesuai, maka WO akan menawarkan pilihan lain hingga menemukan vendor-vendor yang cocok.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih WO untuk pesta pernikahan :

 

Pakaian Pernikahan

Calon pengantin bisa menentukan baju pengantin yang sudah disediakan oleh WO. Pastikan warna dan model pakaian sudah sesuai dengan tema pernikahan yang dipilih. Tidak hanya itu saja, calon pengantin juga harus memastikan perlengkapan pendukung lainnyaseperti sepatu atau sandal, kain bawahan (jika menggunakan pakaian adat), dan dalaman kerudung misalnya untuk pengantin berjilbab.

Oh ya, vendor pakaian pernikahan biasanya ada yang sudah include menyediakan pakaian bagi orang tua serta keluarga dan penjaga tamu, tapi ada pula yang terpisah. Jadi, sebaiknya semua harus ditanyakan dengan detil. Gak mau dong kalau pakaian yang berbeda dan tidak seragam dengan konsep pernikahan impian,

Selain itu, calon pengantin juga harus melakukan fitting pada pakaian yang akan dikenakan agar ukuran sesuai denngan tubuh calon pengantin. Pakaian yang terlihat besar akan membuat pengantin tidak nyaman dan terlihat kurang rapi. . Syukur-syukur bisa mendapatkan pakaian yang baru sehingga pakaian belum terlihat lusuh atau kurang enak dipandang.

 

Test Makeup

Di masyarakat Indonesia sering sekali pengantin bisa terlihat pangling saat pernikahannya. Nah, ini terkait dengan make up yang dipakai oleh pengantin. Juru rias yang ahli tentunya bisa mengaplikasikan make up yang sesuai dengan bentuk wajah dan kepribadian pengantinnya. Tak jarang mereka memberikan fasilitas testmake up sebelum acara. Hal ini dilakukan agar pengantin juga tahu apakah make up yang akan digunakan sesuai dan cocok dengan kulitnya.

Ada pula vendor yang tidak melakukan test make up pada calon pengantinnya, tapi mereka memberikan paket I untuk foto pre-wedding. Dari sini bisa dijadikan patokan apakah make-up yang digunakan cocok atau tidak. Kalau merasa tidak cocok jangan sungkan untuk menggantinya, namanya juga pernikahan sekali seumur hidup bukan, pastinya semua menginginkan yang terbaik untuk pernikahannya.

 

Test Food

Urusan makanan juga penting sekali menjadi perhatian bagi calon pengantin, karena apa yang disajikan pastinya ingin memuaskan tamu undangan, baik dari segi rasa maupun jumlah hidangan yang akan disajikan jangan sampai kekurangan. Biasanya vendor katering akan memberikan test food pada calon pengantin beberapa bulan sebelum hari H. Mereka akan mencicipi makanan yang akan disajikan terlebih dahulu.

Jika makanan tidak cocok dilidah, tidak usah khawatir, karena WO biasanya mempunyai beberapa vendor katering lainnya yang bekerjasama. Temukan vendor lainnya hingga cocok.

 

Acara adat

Pengantin yang menggunakan adat tertentu harus membuat persetujuan juga dengan WO. Acara adat mana saja yang termasuk pada paket yang mereka miliki. Biasanya acara adat diawali dengan penyambutan pengantin, tari-tarian, hingga acara yang sesuai dengan adat masing-masing. Tanyakan pada WO, apakah paketnya sudah termasuk semua atau tidak. Beberapa vendor mungkin saja hanya menyediakan acara adat yang standar saja, untuk hal lainnya ada tambahan biaya tertentu.

Ini salah satu upacara adat Sunda yang dinamakan Mapag Panganten, yang saya rekam pada pernikahan sepupu. Hal-hal seperti ini harus detil dibicarakan dengan pihak WO, karena tidak semua WO menyediakan upacara adat yang lengkap.

Selain poin-poin di atas, masih banyak lagi yang perlu diperhatikan seperti undangan, sovenir, photography, dan lainnya. Kalau tidak punya bayangan sama sekali, nanti pihak WO akan membantu kok.

Lalu, bagaimana sih memilih WO yang baik dan sesuai dengan keinginan pengantin? Banyak cara dilakukan dalam menentukan WO, mulai dari referensi teman atau keluarga bisa dilakukan. Atau, saat menyewa gedung sebagai tempat pernikahan, mereka juga punya beberapa kontak WO yang bekerjasama.

Nah, kalau gak mau repot harus mendatangi satu persatu WO yang ada, calon pengantin juga bisa memanfaatkan event wedding exhibition. Seperti yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini, yaitu 4th Bekasi Wedding Exhibition (BWE4).

 

4 th Bekasi Wedding Exhibition (BWE4)

Ini merupakan the biggest wedding exhibition di Bekasi yang ke-4. Event ini akan diselenggarakan pada tanggal 26-28 Januari 2018 di Grand Galaxy Convention Hall, Grand Galaxy Park Mall Lantai 2.

Pada event ini pengunjung dapat melihat berbagai vendor pernikahan yang ada, begitu pula dengan WO. Di sini calon pengantin akan dipertemukan dengan banyak vendor secara langsung, sehingga dapat mudah memilih semua hal yang berkaitan dengan pernikahan dalam satu gedung. Bisa dikatan ini merupakan konsep one stop wedding solution buat calon pengantin.

Keuntungan yang didapatkan bukan hanya bagi mereka yang sedang merencanakan pernikahan saja, tapi juga buat seluruh pengunjung yang hadir. Keuntungan yang bisa didapatkan antara lain :

  • Berkesempatan mendapatkan doorprize dan grandprize dengan hadiah yang menarik.
  • Buat yang suka foto-foto, event ini bisa dijadikan ajang unjuk diri dengan mengupload foto pada akun instagram dengan latar belakang Pop Up Backdrop yang sudah disediakan.
  • Banyak promo menarik yang disediakan diantaranya adalah promo sepasang wedding ring berlian yang dijual dengan harga 3 jutaan.
  • Ada tambahan hadiah menarik untuk tiap pengunjung yang merepost IG @bekasiweddingexhibition.

Bekasi Wedding Exhibition

Cara Membeli Tiket

Pembelian tiket dapat dilakukan secara online dengan cara registrasi pada web http://www.bekasiweddingexhibition.com/tiket/

Harga tiket masuknya gak mahal lho, cuma sepuluh ribu rupiah saja, dan tiket bisa digunakan selama event berlangsung tiga hari. Dan tiap tiket yang terjual akan didonasikan untuk pendidikan dan kehidupan anak-anak di tepian negeri serta para korban perang di pelosok negeri #JEEMovent. Secara tidak langsung baik calon pengantin maupun pengunjung bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan, apalagi ditambah ada Hijau Foundation yang ikut berpartisipasi mendonasikan dananya untuk pengiriman Kapal Kemanusiaan pada bulan Februari 2018 mendatang.

Allhamdulillah saya sudah mendapatkan free tiket karena mendaftar sebelum tanggal 31 Desember 2017 lalu.

 

tiket

 

Yuk, registrasi online sekarang selagi pendaftaran masih dibuka. Gak usah khawatir, Bekasi Wedding Exhibition bukan untuk calon pengantin saja kok, siapa tahu ada keluarga yang memerlukan bantuan atau informasi mengenai pernikahan. Atau kamu mau membuat jasa Wedding Organization juga, bisa banget memanfaatkan event ini. Sampai ketemu di lokasi ya :)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *